oleh Baso Risal Fahlefi (Pegiat Komunitas Literasi Sekolah Rakyat) **
Pandangan leluhur kita, selalu mengendepankan laku daripada tahu. Bagi mereka, puncak dari pengetahuan adalah perilaku. Tidak mengherankan kalau ada semacam ungkapan yang menyebutkan adab satu tingkat di atas ilmu.
Leluhur kita, juga tidak memisahkan antara aspek lahiriah dan aspek batiniah. Bagi mereka, fenomena spritual berkaitan dengan fenomena materil. Begitupun hubungan kausalitas yang kadang terlihat acak jika ditinjau dari aspek materil. Leluhur kita menempatkan kebudayaannya dalam pondasi yang bersifat metafisik. Mereka melihat segala sesuatunya sebagai satu kesatuan. Mereka menganggap fenomena materil tidak selalu disebabkan oleh yang materil, melainkan oleh yang metafisik atau immaterial.
Karakteristik kebudayaan kita memang dibangun tidak pada kerangka dualitas yang memisahkan antara dunia metafisika dan material. Sehingga kejadian-kejadian alam seringkali ditafsirkan memiliki akar dari perilaku manusia. Dan ini terekam dalam salah satu Lontaraq Bugis yang merekam paseng Petta Lataddampare Puang Rimaggalatung, yang memberikan gambaran bagaimana perilaku atau sifat manusia dapat mempengaruhi pertanian.
Petta Latadampare memerintah Kerajaan Wajo pada tahun 1491-1524. Bersama pamannya Petta La Tiringeng Totaba, ia meneguhkan dasar-dasar demokrasi, dan hak sosial rakyat serta azas negara hukum (the rule of law) di Wajo.
Di masa pemerintahannya , Kerajaan Wajo berada di puncak kejayaannya. Pada waktua ia dilantik sebagai Arung Matoa jumlah penduduk Wajo hanya berkisar 1.000 orang dan 500 di Sekkanasu. Setelah kurang lebih 3 tahun memerintah, penduduk Wajo bertambah menjadi 50.000 jiwa. Puang Rimaggalatung adalah seorang yang cakap dalam memerintah, ahli hukum adat, cendekiawan, dan negarawan. Juga terkenal jujur dalam segala bidang. Selain itu ia juga terkenal sebagai ahli strategi perang pada masanya.
Sebagai seorang cendekiawan, ia meletakkan dasar dari 4 akar peradilan. Begitupun nasihat-nasihatnya yang dapat digunakan dalam berbagai dimensi kehidupan. Terlebih lagi, nasihatnya memiliki implikasi moral untuk kebaikan diri sendiri dan orang banyak. Dan inilah nasihat beliau yang berkaitan dengan pertanian, yang dituliskan dalam Lontaraq Bugis karya Muhammad Sikki.
***
Makkedai Puang Rimaggalatung : Naiya mpawa e jaq ri laonrumange, gauqna arung e ri to maegae. Narekko pasala i to baiccuq e naitani asallana tenriadampengeng. Maduanna narekko engka tau pasala ri to makkatenni bicara naitani asallana tennariaddapengeng. Matellunna, ri to maegae narekko sisalai ri laleng mpanua tennasiruntu ada ianari mpawa jaq ri allonrumangnge.
Naia rekko bekkang makkanre, ata ritu sionrong puanna. Maduanna surona Arung e iyareqga Adeq e narai wiasa risuroang engngi ma ada-ada sala naddaiang. Immaga nalaloang baliq. Immaggamalai saro ri wettu ri surona. Olo e nabicara natea bicara i.
Naia rekko manre maseppei balawo e ,ianaritu narekko engka bicara ritamua ungamma najjai tomabbicarae temmitaii. Naia narekko napaenreq i akkanrenna balawo e ri petau galung e, ianaritu narekko makkalopeq i tomabbicarae. Narekko napattamai balawo e akkanrena, Arungnge peddiriwi pabbanuanna. Tennaita i alena, natea mala paingeq. Naia rekko manre massebboq i balawo e, massasai wi taue mallaibine ri labu esso e. Naia na rekko manre lele i balawo e, ri awana ase, tau bobo engngi pallaonrumae nacaiq ri labu essoe ri olo dapureng. Naia rekko mattottongi balawoe, masala retteq i batena pabbicarae maddetteq, iaroga arungnge malawong ri wanuanna. Naia narekko namimmi i balawoe buana asewe engka ritu pallaonruma mapangaddi
Narekko dongi ritu makkanre, engka ritu ata Arung mattarasu ri pallawangengnge, iareqga ri pasaq e tenricaireng, tenriampareng ri puanna.
Narekko bawi makkanro ri ase, elonami Arungnge kua ri pabbanuae natea ripakaingeq. Maduanna narekko manre pettang i pallaonrumae
Naia rekko narapini tikkeng liseq asewe na deq nalliseq, bicara pura ritu tenri palliseq. Naia rekko teai lesse buana asewe Arungnge ritu mattampuk – tampukengi pabbapabbanuanna. Madduanna na rekko engka pabbicara macai na rekko napettui wi bicaranna tau we. Naia narekko maisi cappaq i asewe, makapa ponna, madeceng lila i na majaq rupa pabbicarae. Narekko maisiwi ponna asewe na makapa cappaqna, maja ada-adai pabbicarae madeceng tampuk ati. Naia rekko sielleq i asewe maiseq e makapa e, bicara saliweng mpanua ritu ripautamma ri wanuae naia riadetekeng bicara. Naia narekko lajo i asewe sionrongngi tau maranadara ma de narilabu. Engka tau malaweng na deq na riekkeq. Iariga sionrongngi taue mapporo anaq iareqga maranaq tennaripaddeq
Naia rekko tamani maruwai wekkadua pananrang , bicar e maceko ritu mabbicara arungnge tomabbicarae. Naia narekko bosi mpuno ase engka tau rigauq bawang nalari maddakaq ri tomabbicarae, tennariewai.
Narekko tikka mpuno ase, situru i arungnge adeq e pada mappella gauqna ri pabbanuae.
Naia narekko makessingngi bicarae na makessing tau ri lalang mpanua, madecengngi teqna pananrangnge. Makessingi turunnna wongeq e. Na jajina anre tekkoe. Makessing ajajingenna ase tanengnge. Maruwae wekkadua manengtoi panarang e.
Makkedai Puang Rimaggalatung, mattentu ritu bicarae nawinruna tauwe ri laleng mpanua narua e wekkadua pananrang e, iamuto ro pakengkai tikka e, iamuto nassabari nakkanre apie.
Berkata Puang Rimaggalatung : Yang membawa akibat buruk bidang pertanian ialah perlakuan raja terhadap rakyatnya. Apabila rakyat jelata bersalah dan sudah menyadari kesalahannya itu lalu mereka tidak diampunkan. Yang kedua, apabila ada orang yang salah kepada orang yang memegang kekuasaan dan sudah sadar akan kesalahannya itu lalu dia tidak diberi ampun. Ketiga, bagi orang banyak yang saling bertengkar dalam negeri dan tidak bersesuaian paham , itulah yang membawa bencana pada pertanian.
Adapun jika ulat merusak, berarti hamba dengan tuannya melakukan perzinahan. Yang kedua , urusan raja atau pejabat menambah perintah yang diamanatkan kepadanya dan tambahan perintah yang disampaikan adalah kata-kata yang salah. Ataukah mengikutsertakan barang dagangan. Ataukah mengambil keuntungan ( menerima suap) dari perintah yang dijalankannya. Seharusnya ia bicarakan tapi tidak mau membicarakannya.
Apabila tikus makan dan yang dimakannya tidak menyeluruh (hanya mematahkan tanaman) itu disebabkan oleh adanya perkara yang dapat diselesaikan tetapi sengaja tidak diperhatikan oleh hakim. Jika tikus menaikkan bekas makanannya di pematang sawah, tandanya bahwa hakim memihak. Apabila tikus menyembunyikan bekas makanannya, tanda bahwa raja menyakiti hati rakyatnya. Ia tidak menyadari dirinya dan tidak mau menerima peringatan Jika tikus hanya merusakkan tanaman padi pada bagian tengah sawah, tanda bahwa suami istri bertengkar pada saat menjelang matahari terbenam. Apabila tikus itu makan berpindah-pindah di bagian bawah padi, tandanya orang yang mengurus makanan petani marah – marah di dapur pada saat menjelang matahari terbenam. Jika tikus membawa pergi padi yang dimakannya, tandanya hakim salah memutuskan perkara atau raja melakukan perbuatan sumbang di negerinya. Jika padi dihisap walang sangit, tandanya ada petani yang berzinah.
Jika burung pipit yang merusak, tandanya ada hamba raja yang memaki-maki di jalanan atau di pasar dan tidak dimarahi atau dilarang oleh raja.
Jika babi yang merusak padi, tandanya raja berbuat sewenang-wenang kepada rakyat dan tidak mau diperingatkan. Kedua apabila petani makan dalam keadaan gelap.
Jika tiba masanya padi berbuah lalu tidak kunjung berisi, tandanya ada perkara yang sudah diputuskan, tetapi tidak diberlakukan. Jika buah padi tidak mau keluar, tandanya raja mendendam kepada rakyatnya. Kedua, apabila pabbicara naik pitam waktu memutuskan perkara seseorang. Jika butir padi yang berisi hanya bagian ujungnya, tetapi hampa bagian pangkalnya, tandanya pabbicara manis di mulut, tetapi tindakannya jahat. Jika butir padi yang berisi hanya pangkalnya, tetapi hampa bagian ujungnya, tandanya pabbicara jahat di mulut, tetapi hatinya baik. Jika padi berselang-selang yang hampa dan bernas (berisi) tandanya ada peraturan dari daerah lain dijadikan peraturan untuk memutuskan perkara dalam negeri. Jika jadi hampa isinya, tandanya ada terjadi perzinahan bersaudara tetapi tidak ditenggelamkan. Atau ada ada orang berzina tapi tidak dicekik. Ataukah seseorang berzinah dengan anak tirinya atau anak kandungnya tapi tidak disingkirkan
Jika musim hujan tidak turun dia kali setahun, tandanya raja dan hakim menyelewengkan peraturan. Jika hujan merusak tanaman padi, tanda nya ada orang yang diperlakukan sewenang-wenang lalu meminta perlindungan kepada penguasa, tapi tidak dilindungi.
Jika kemarau yang merusak tanaman padi, tandanya raja dan penguasa sama sama berlaku sewenang-wenang kepada rakyat.
Jika peraturan berlaku sewajarnya dan orang didalam negeri bersatu padu, musim tanam akan berjalan wajar. Hujan turun secara teratur. Tanah garapan pun menjadi gembur. Menjadi tumbuh suburlah padi yang ditanam. Berair dua kali pula musim tanam.
Berkata Puang Rimaggalatung, pastilah peraturan yang dibuat orang dalam negeri menyebabkan berair dua kali musim tanam, itu juga yang menyebabkan musim kemarau, itu juga yang menyebabkan kebakaran merajalela.